Antisipasi Fluktuasi Musim Dan Ketersediaan Air Selama Musim Kemarau Dalam Rangka Menjaga Kesinambungan Usaha Budidaya Perikanan

Yang Sri Romadona(1*), wiwik Heny Winarsih(2),

(1) Balitbang Provinsi Jawa Timur
(2) Balitbang Provinsi Jawa Timur
(*) Corresponding Author

Abstract


Dalam budidaya perikanan,kualitas dan kuantitas air yang digunakan sebagai media sangat berpengaruh terhadap keberhasilan suatu usaha budidaya perikanan. Kualitas air berkaitan dengan mutu air yang digunakan. Sedangkan untuk kuantitas air sangat dipengaruhi adanya fluktuasi musim. Pada saat penghujan, sumber air berlimpah. Yang menjadi permasalahan adalah saat terjadi kemarau panjang seperti yang terjadi saat ini. Untuk mengatasinya perlu dilakukan budidaya ikan dengan sistem budidaya senggal pada lahan kering yang berdasarkan pada CBIB. Altenatif sistem yang bisa digunakan adalah sistem resirkulasi dan aquaponik.kedua sistem ini lebih mengutamakan pemanfaatan kembali air kolam terpakai.


Full Text:

PDF

References


Akbar, R. A., (2003), “Efisiensi Nitrifikasi dalam Sistem Biofilter Submerged Bed, Trickling Filter dan Fluidized Bed”,Skripsi sarjana Biologi, Institut Teknologi Bandung.

Tancung,A. B., dkk. Pengelolaan Kualitas Air Dalam Budidaya Perairan. Jakarta.

Zonneveld,N., E.A. huisman dan J. H. Boon,1991. Prinsip-Prinsip Budidaya Ikan. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.32781/cakrawala.v6i1.142

DOI (PDF): https://doi.org/10.32781/cakrawala.v6i1.142.g141

Article Metrics

Abstract view : 85 times
PDF - 58 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Cakrawala (Jurnal Litbang Kebijakan) Indexed and Journal List Title by:

 

Creative Commons License

Copyright @ 2006, Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Jawa Timur