Pengembangan Kepesertaan Jamsostek Terhadap Program Jaminan Hari Tua (JHT) Beralih Ke BPJS

M. Amir HT(1*),

(1) Balitbang Provinsi Jawa Timur
(*) Corresponding Author

Abstract


Melatar belakangi kajian ini berfokus pada penyelenggaraan program jamiann hari tua (JHT) yang diselenggarakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, perkembangan jaminan kepesertaan jamsostek yang akan beralih pengelolaannya ke BPJS, diharapkan lebih baik disbanding program JHT yang sudah dilaksanakan Jamsostek ke dalam BPJS.tujuan kajian, untuk mengetahui dua aspek,meliputi: umum, identifikasi pengembanagn jaringan kepesertaan program jamsostek terhadap perlindungan pekerja, kemudian khusus,ide penekanan terhadap perlindungan bagi pekerja bila terjadi kecelakaan kerja,melalui program hubungan industrial. Kemudian metode kajian ini merupakan eksploratif yang dirancang dengan menggunakan pendekatan kualitatif, yang ingin mengkaji secara mendalam suatu fenomena yang ada di masyarakat dengan tidak memanipulasi variabel-variabel (expost facto), menyangkut peristiwa yang sudah terjadi, berhubungan dengan kondisi sekarang. Simpulan kajian ini,jumlah kepesertaan, sebanyak 1.327.495 tenaga kerjadari 24.924 perusahaan masuk kategori peserta aktif, sedangkan 2.180.727 tenaga kerja dari 13.615 perusahaan sebagai peserta non-aktif. Selain menambah kepesertaan baru dari sektor formal maupun informal, juga terus melakukan upaya persuasife kepada perusahaan yang non-aktif agar bisa kembali menjadi peserta aktif, berharap jumlah peserta non-aktif terus menurun.


Full Text:

PDF

References


Darmawan, I, dkk, 2000, Analisis Mabilitas Penduduk jawa Timur serta keterkaitannya dengan kesempatan kerja di Kota. Lembaga Penelitian Universitas airlangga,Surabaya.

Eko, Effendi, 2009. Keterkaitan ekosistem di daerah pesisir,Lampung. Joko Widodo, MS. 2003. “Proses kebijakan public”. (konsep dan aplikasi, GEMA JAMSOSTEK, 2008. “ Lompatan Menuju 2013”. Edisi November 2008. PT. JAMSOSTEK, Jakarta Selatan.

Ishak, Effendi,2005. Artikel “Peranan informasi bagi kemajuan UKM” Kedaulatan Rakyat Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.32781/cakrawala.v9i1.186

Article Metrics

Abstract view : 204 times
PDF - 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 CAKRAWALA



Cakrawala (Jurnal Litbang Kebijakan) Indexed and Journal List Title by:

 

Creative Commons License

Copyright @ 2006, Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Jawa Timur