ANALISIS COMMUNITY BASED TOURISM DALAM MENGUKUR STANDAR KELAYAKAN PARIWISATA (STUDI PADA KAYANGAN API DESA SENDANGHARJO KECAMATAN NGASEM KABUPATEN BOJONEGORO)

Muhammad Ihwanus Sholik(1*), Ika Kholifatul Mar’ah(2), Titis Satwari(3), Khusnul Mufa’idah(4), Dinda Nur Laili Mas’ud(5),

(1) 
(2) 
(3) 
(4) 
(5) 
(*) Corresponding Author

Abstract


tujuan penelitian ini untuk mengetahui standar kelayakan dan pengembangan wahana eisaya kayangan api melalui cbt (community based tourism).  penelitian ini menggunakan teori cbt dan teori pariwisata. menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.  lokasinya adalah wisata kayangan api di desa sendangharjo kecamatan ngasem kabupaten bojonegoro. variabel yang digunakan adalah dimensi ekonomi, sosial , budaya, lingkungan, dan politik yang merupakan konsep cbt. tanggapan responden menggunakan likert. populasi penelitian adalah masyarakat sekitar wisata kayangan api sebanyak 80 orang. teknik pengumpulandta dilakukan dengan wawancara, kuisioner, dan observasi. teknik analisis dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistif inferensial. beradasarkan grand mean total sebesar 3,748 hasil penelitian dapat dijelaskan bahwa masyarakat setuju terkait dengan harus adanya pelibatan masyarakat dalam mengembangkan pariwisata kayangan api. apabila hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat setuju, hal ini dapat diartikan bahwa pariwisata kayangan api merupakan pariwisata yang layak untuk dikembangkan dengan menggunakan konsep cbt, akan tetapi belum adanya pelaksanaan konsep cbt tersebut di sekitar pariwisata kayangan api.


Full Text:

PDF

References


ARIKUNTO, SUHARSIMI. 2010. PROSEDUR PENELITIAN SUATU PENDEKATN PRAKTIK, JAKARTA : PT. RINEKA CIPTA

BADAN PUSAT STATISTIK INDONESIA. 2014. STATISTIKA INDONESIA TAHUN 2014. BPS:JAKARTA

YOETI, OKA A. 1996. PENGANTAR ILMU PARIWISATA. BANDUNG:ANGKASA




DOI: https://doi.org/10.32781/cakrawala.v9i2.231

Article Metrics

Abstract view : 422 times
PDF - 252 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 CAKRAWALA



Cakrawala (Jurnal Litbang Kebijakan) Indexed and Journal List Title by:

 

Creative Commons License

Copyright @ 2006, Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Jawa Timur