POTENSI KELEMBAGAAN LOKAL DALAM MENUNJANG PROGRAM DIVERSIFIKASI PANGAN MENUJU KETAHANAN PANGAN

Fachrur Rozi(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Program diversifikasi untuk menuju ketahanan pangan telah cukup lama dilakukan meski belum menunjukkan keberhasilan bahkan bisa dibilang salah arah tujuan diversifikasi pangan lebih pada usaha menurunkan tingkat konsumsi beras, dan hanyadiartikan pada penganekaragaman pangan pokok, tidak pada pangan secara keseluruhan. Upaya yang bisa ditempuh dalam rangka menunjang program diversifikasi pangan adalah melalui peningkatan pemberdayaan kelembagaan di masyarakat. Dalam program ketahanan pangan, fungsi kelembagaan dibagi dua kategori yakni kelembagaan sebagai fasilitator dan motivator, dan kelembagaan pelaksanaan.

Full Text:

PDF

References


BPS. 2012. Pengeluaran Untuk Konsumsi Penduduk Indonesia 2002. Buku. Jakarta.(Available. http://pse.litbang.deptan.go.id/ind/pdffiles/Mono 26-5.pdf) (Verified: 24 Januari 2008, 08:17)

Dharmawan, A.H. 2006. Pendekatan Pembangunan Pertanian dan Pedesaan: Dimensi Sosial dan Budaya. Apresiasi Perencanaa Pembangunan Pertanian Daerah Bagi Tenaga Pemandu Teknologi Mendukung Primatani. BP2TP. Bogor.

Martianto, D. dan M. Ariani. 2004. Analisis Konsumsi Rumah tangga. Prosiding Widyakarya Nasional Pangan dan Gizi VIII.17-19 Mei. LIPI. Jakarta




DOI: https://doi.org/10.32781/cakrawala.v5i1.25

Article Metrics

Abstract view : 275 times
PDF - 188 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 CAKRAWALA



Cakrawala (Jurnal Litbang Kebijakan) Indexed and Journal List Title by:

 

Creative Commons License

Copyright @ 2006, Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Jawa Timur