Kinerja PKB Pasca Alih Status Kepegawaian di Jawa Timur (Studi di Kabupaten Trenggalek, Ponorogo dan Tuban)

Mardiyono Lisa(1*), Aulia Dikmah Kiswahono(2), Aulia Dikmah Kiswahono(3),

(1) Peneliti Madya Perwakilan BKKBN Jawa Timur
(2) Pranata Humas Pertama Perwakilan BKKBN Jawa Timur
(3) Pranata Humas Pertama Perwakilan BKKBN Jawa Timur
(*) Corresponding Author

Abstract


Perubahan status kepegawaian Penyuluh KB sebagai pegawai pusat akan berkonsekuensi pada kinerja penyuluh KB sebagai pencapaian kompetensi teknis, managerial, dan struktural menjadi landasan penelitian ini. Dengan metode pendekatan penelitian kuantitatif dan kualitatif diharapkan dapat memberikan suatu pemahaman yang lebih dalam terhadap isu tentang kinerja penyuluh KB paska alih status kepegawaian. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling pada sumber data awal dari OPD KB, yaitu penyuluh KB yang telah mengalami alih status kepegawaian sebagai karyawan pusat di tiga kabupaten Trenggalek, Ponorogo dan Tuban. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kinerja dan mekanisme operasional penyuluh KB pada program KKBPK paska alih status kepegawaian di Jawa Timur. Adapun hasil penelitian adalah target kinerja belum tercapai karena kurang maksimal untuk mengakomodasi kebutuhan dan tuntutan masyarakat tentang inovasi program kinerja, terutama dalam inovasi KIE. Hal ini disebabkan mayoritas PKB berusia tua, keterbatasan tenaga kerja, dan luasnya wilayah kerja sehingga pekerjaan PKB hanya rutinitas belaka. Kreativitas inovasi dan komunikasi ini sangat penting karena PKB dalam melaksanakan tugasnya perlu mengintegrasikan program KKBPK dengan program pembangunan lainnya

Kata kunci : Kinerja PKB, Alih status kepegawaian, Jawa Timur


Full Text:

PDF

References


Afniyanty. 2016. “Kinerja Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) di Desa Pakawa,Kecamatan Pasangkayu, Kabupaten Mamuju Utara”. Jurnal Katalogis, 4 (4): 178-187.

Badan Pusat Statistik. 2018. Kecamatan Gandusari dalam Angka 2018. Tren: BPS Kabupaten Trenggalek, Ponorogo dan Tuban .

Hutanto, Achmad Djumlani, dan Fajar Apriani. 2014. “Analisis Kinerja Petugas Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) Pada Badan Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera Kota Samarinda”. E-Journal Administrative Reform, 2 (3): 1941-1953.

Joniwar dan Meyzi Heriyanto. 2012. ”Analisis Efektivitas Kinerja Penyuluh Lapangan ”. Jurnal Administrasi Pembangunan, 1 (1): 57-63.

Kurniawan, Ukik Kusuma, Hadi Pratomo dan Adang Bachtiar. 2010. “Kinerja Penyuluhan Keluarga Berencana di Indonesia : Pedoman Pengujian Efektivi -tas Kinerja Pada Era Desentrali -sasi.Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional, 5 (1): 3-8.

Puspita, Dyah Retna. 2011. “Pengaruh Motivasi Kompetensi dan Lingkungan Kerja Pada Kinerja Aparatur Penyuluh Keluarga Berencana”. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 11 (1): 86-96.

Rokhilah dan Susetyo Darmanto. 2014. “Pengaruh Kompetensi, Motivasi dan Lingkungan KerjaTerhadap Kinerja Penyuluh Lapangan Program Keluarga Berencana (PLKB) di Kabupaten Pemalang”. Media Ekonomi dan Manajemen, 29 (1): 68-82.

Yusuf, Dicky, Rajindra, Haris Abdul Kadir. 2018. “Kinerja Petugas Lapangan Keluarga Berencana”. Jurnal Sinar Manajemen, 5 (1): 61-68




DOI: https://doi.org/10.32781/cakrawala.v13i2.304

Article Metrics

Abstract view : 189 times
PDF - 61 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Cakrawala (Jurnal Litbang Kebijakan) Indexed and Journal List Title by:

 

Creative Commons License

Copyright @ 2006, Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Jawa Timur