PERKEMBANGAN PELESTARIAN DAN PEMANFAATAN PLASMA NUTFAH DI JAWA TIMUR

Sudarmadi Purnomo, Baswarsiati Baswarsiati

Abstract


Jawa Timur memiliki berbagai kekayaan plasma nutfah tanaman pangan dah hortikultura (buah-buahan, sayuran, tanaman hias dan biofarmaka) serta ternak yang mempunyai ciri spesifik dan keunggulan yang berbeda sesuai dengan agroekologi spesifik. Persebaran plasma nutfah yang terdapat di hutan, di desa-desa atau di tengah-tengah ekologi manusia merupakan kekayaan aset negara dan masyarakat yang dapat digunakan sebagai sumber pangan, sandang, papan, obat-obatan, aneka industri dan pariwisata. Masalah yang dihadapi adalah belum banyak daerah dan masyarakatnya yang telah menyadari dan memahami dengan baik arti, fungsi dan pentingnya plasma nutfah. Kekayaan plasma nutfah yang ada belum banyak digali bahkan cenderung kurang diperhatikan sehingga belum banyak tindakan pelestariannya. Masih ingat diperlukan data base yang lengkap tentang keberadaan plasma nutfah tersebut baik dalm segi jenisnya, jumlahnya, kualitasnya, manfaatnya yang bernilai ekonomis maupun untuk pelestarian serta kelangkaanya. Beberapa plasma nutfah unggulan Jawa Timur telah dilepas oleh Menteri Pertanian menjadi varietas unggul nasional. Plasma nutfah unggulan maupun yang tidak bernilai ekonomis (bernilai pelestarian) tetap perlu dilestarikan secara insitu maupun ex situ sehingga perlu adanya dukungan pemeliharaan dan prasarana serta sarananya yang disesuaikan dengan agroekologinya, untuk itu perlu ditentukan wilayah yang akan digunakan untuk pelestarian ex situ tersebut. Varietas unggul yang telah dilepas perlu dikembangkan ke masyarakat dimana pengembangan tersebut perlu didukung oleh berbagai pihak seperti Pemprop, Pemkab, Litbang, swasta dan masyarakat. Pengembangan varietas unggul sangat tergantung pada keberadaan benih bermutu sehingga sangat diperlukan penanganan benih yang perlu didukung kerjasama seperti Pemprop, Pemba, Litbang, swasta dan masyarakat. Sosialisasi pentingnya plasma nutfah serta varietas unggul sangat diperlukan melalui berbagai media serta berbagai tujuan dan sasaran.

Full Text:

PDF

References


Baswarsiati. 2005. Plasma Nutfah dan Varietas Unggul Tanaman Pangan dan Hortikultura Jawa Timur. BPTP Jawa Timur. (Makalah Belum dipublikasi)

Dwiyanto, K., Sutrisno dan B.Setiadi. 2004. Pengelolaan Agrobiodeversity : Esensi Strategi Menuju Ketahanan Pangan yang Berkelanjutan. Makalah disampaikan pada Seminar menyambut Hari Pangan Sedunia. Jakarta 5 Oktober 2004. Kerjasama antara KRT, Deptan, Dephut dan KLH.

Pusat Perlindungan Varietas Tanaman. 2007. Berita PVT tentang Pendaftaran Varietas Tanaman.




DOI: https://doi.org/10.32781/cakrawala.v3i1.94

Article Metrics

Abstract view : 114 times
PDF - 36 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.32781/cakrawala.v3i1.94.g93

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Cakrawala (Jurnal Litbang Kebijakan) Indexed and Journal List Title by:

Google Scholar https://www.base-search.net/interface/images/base_logo_kl.png

 


Creative Commons License

Copyright @ 2006, Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Jawa Timur